(Sriboga) BERINOVASI DAN BERBEDA


(www.sriboga-flourmill.com)

Tak mungkin didebat lagi, seorang pelaku usaha harus selalu berjuang mencurahkan segenap potensi yang dimilikinya. Utamanya, ia harus memaksimalkan kinerja otak memikirkan kelanggengan bisnisnya. Ia harus selalu mencari strategi baru agar konsumen tetap setia dan tak mundur teratur.

Dengan alasan main aman, banyak pelaku usaha yang mengekor kesuksesan sebuah produk. Akibatnya terjadi kejenuhan di pasar. Konsumen pun hanya bisa pasrah sebab tak memiliki pilihan lain. Namun banyak pula konsumen yang akhirnya beralih pada produk pengganti.

Inovasi
Pelaku usaha harus jeli menangkap peluang ini. Karenanya, perlu dilakukan inovasi terhadap produk bisnisnya. Seorang pelaku usaha bakery harus selalu berusaha menciptakan varian baru, sesuatu yang berbeda dan segar, sehingga konsumen tak jenuh. Maka tak heran jika kita menemui berbagai jenis roti tawar, dengan variasi rasa dan tampilan berbeda. Ada roti tawar bentuk kotak, ada yang tak berkulit, ada pula roti tawar gurih.

Inovasi tak sekedar untuk menyaingi produk lain. Namun juga harus bertujuan membangun pasar baru yang belum pernah dipikirkan orang, dan mencari celah ketidakpuasan konsumen terhadap produk yang sudah ada. Inovasi harus mampu membangun kekuatan merek dan membuat konsumen setia.

Be Different
Inovasi akan efektif jika disertai diferensiasi. Jadilah orang yang berbeda, sebab itu akan menjadikan Anda unik dan mudah dikenali. Sebisa mungkin menyuguhkan produk yang berbeda, baru dan belum ada pesaingnya. Berikan sentuhan agar produk memiliki daya tarik khusus, agar berkesan mendalam di hati konsumen.

Produk yang unik akan selalu diingat dan dicari. Imbasnya, Anda bisa menaikkan harga jual. Selain itu, sebuah produk unik, jika diluncurkan pada momen tertentu, juga akan memberikan kesan khusus pada konsumen. Misalnya, donat berbentuk ketupat saat Idul Fitri, atau roti rasa kurma saat Ramadhan. Ditambah embel – embel limited edition, konsumen dengan senang hati akan membayar lebih demi menikmati keunikan itu.

Bukan Hanya Produk
Diferensiasi hendaknya tak hanya dilakukan pada produk, namun pada bidang lain. Sebagai contoh, Sriboga Raturaya merupakan satu – satunya perusahaan tepung terigu di Indonesia yang memiliki komitmen memajukan UKM berbasis terigu, dengan konsep koperasi. Lewat komitmen ini, Sriboga berusaha membangun kemesraan yang romantis dengan konsumennya, yang pada akhirnya akan menguntungkan kedua pihak juga.

Konsitensi yang dilakukan sungguh – sungguh selama bertahun – tahun, hingga terbentuk kesan yang kuat, juga merupakan diferensiasi. Kita sering melihat bagaimana sebuah gerai makanan Jepang yang dengan teguhnya menolak permintaan pembeli yang ingin merubah isi paket, pada menu yang tersedia. Itulah ciri khas mereka, yang menjadikannya berbeda dari yang lain.

Seorang pelaku usaha bakery, harus mampu bersaing dengan segala level usaha, baik UKM maupun pemain besar. Di tengah persaingan yang seperti itu, guna menarik perhatian konsumen, pelaku usaha mesti melakukan strategi yang intinya memberikan kepuasan kepada konsumen. Misalnya, menyediakan layanan pesan antar untuk jumlah tertentu, tanpa biaya tambahan. Atau jika memungkinkan, menambah jumlah gerai agar konsumen lebih mudah mendapatkan produk roti Anda.

Didukung Kreativitas
Pada dasanya, strategi diferensiasi dilakukan bukan hanya untuk menarik perhatian, lebih dari itu, juga untuk meraih kesetiaan konsumen. Namun, diferensiasi tak akan memuaskan jika produk standar yang sudah ada, telah memenuhi kebutuhan konsumen. Dan jika pesaing bisa meniru dengan cepat strategi yang Anda lakukan, maka diferensiasi pun menjadi tak berarti. Diferensiasi akan efektif jika produk yang ditawarkan bersifat tahan lama dan sulit ditiru.

Risiko lainnya adalah jika keunikan yang ditampilkan ternyata dianggap biasa oleh konsumen. Jika ini terjadi, maka pesaing yang menawarkan produk standar dengan harga yang lebih rendah, akan dengan mudah merebut pasar. Diferensiasi harus didukung kekuatan pemasaran, kreativitas, bakat, riset pasar dan distribusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar