(Sriboga) ‘BERUANG BIRU’ LEBIH HEMAT DAN MUDAH DIOLAH


(www.sriboga-flourmill.com)

Beberapa waktu lalu, dalam acara sillaturrahmi dengan para penjual martabak di Semarang, Sriboga mendatangkan penjual martabak dari Bandung bernama Sofyan Muslikhun. Sejak tiga bulan terakhir Sofyan telah membuktikan bahwa cerita miring tentang terigu ‘Beruang Biru’ adalah salah. Dalam acara itu, dirinya berkesempatan memperagakan pembuatan martabak manis menggunakan terigu berjulukan ‘Si Beru’ ini, disaksikan langsung para penjual martabak yang hadir.

Hasilnya sungguh memuaskan. Adonan mengembang sebagaimana mestinya. Dari segi rasa dan kerenyahan, tidak berbeda dengan terigu merk lain. Menurut Sofyan, persoalan rasa dan tampilan sifatnya relatif, tergantung kreativitas pembuat. “Yang paling terasa adalah efisiensi, karena Beruang Biru lebih hemat. Dalam demo tadi, 1 kg terigu menghasilkan 10 loyang lebih. Penggunaan air lebih banyak, sehingga produksi lebih besar. Tekstur Beruang Biru lebih halus, sehingga mudah diolah dan hemat gas, karena menggunakan api kecil. Pemakaian gula dan garam pun bisa ditekan 25 – 30 %”. Dengan Beruang Biru, Sofyan mengaku mampu menghasilkan omzet 900 ribu – 1 juta per hari.

Berkenalan dengan Sriboga
Awal 2010 Sofyan menghadiri sillaturrahmi yang konsisten digagas Sriboga, dengan agenda memperkenalkan koperasi untuk meraih sukses jangka panjang. Dan pada Maret 2010, dirinya bersama beberapa penjual martabak membentuk Koperasi Martabak Mitra Sriboga (KOMMISI), dengan bimbingan penuh Sriboga Raturaya. Dirinya mengaku kini hidupnya lebih tenang, sebab tak perlu lagi bingung mencari tambahan modal, dan bisa meminjam di koperasi yang telah mereka bentuk.

Manfaat Luas
Sofyan kini bisa menambah cabang usahanya. Pelatihan produksi dari Sriboga mampu meningkatkan keuntungan sebesar 20 %. “Selama 20 tahun lebih, saya belum pernah bertemu produsen terigu yang mau membimbing UKM dari nol hingga berhasil, seperti Sriboga lewat program Koperasi Mitra Sriboga”, kata Sofyan. Sofyan kini mengerti cara mengelola keuangan, menyusun rencana pengembangan usaha, dan strategi pemasaran guna meningkatkan pendapatan. Ditambah bantuan pemerintah berupa penyertaan modal dan sertifikat kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar