(Sriboga) MENINGKATKAN NILAI JUAL DENGAN MEREK DAN KEMASAN MENARIK


(www.sriboga-flourmill.com)

Saat ini berbagai jenis roti bisa kita temui di mana - mana. Masing – masing memiliki rasa dan bentuk yang beraneka macam. Namun yang benar - benar membuat berbeda adalah nama merek, yang didukung tampilan menarik kemasannya. Pelaku usaha harus menyadari, kemasan juga memiliki kekuatan menjelaskan karakter sebuah produk.

Kemasan bisa membuat konsumen secara tak sadar tertarik dan membeli suatu produk. Kemasan merupakan faktor penting dalam menciptakan image produk, sebab dia bisa mengatakan banyak hal. Kemasan juga merupakan elemen penting pemasaran, disebabkan sifatnya yang komunikatif. Kemasan yang memiliki nilai jual, hendaknya unik dan menarik, yang belum pernah dipakai pesaing. Misalnya, pembungkus roti yang ramah lingkungan.

Menciptakan Merek
Merek dianggap sebagai alah satu strategi penjualan yang efektif. Selain sebagai identitas, merek juga akan membuat konsumen percaya dan setia pada produk. Ada ikatan emosi yang membuat konsumen terkesan dengan produk yang bersangkutan. Ikatan ini yang membuat konsumen tak mempertimbangkan merek lain, walaupun harganya lebih murah.

Namun, kesetiaan konsumen tentu tak hanya berasal dari merek, tetapi juga kualitas produk, pelayanan yang memuaskan, dan harga yang masuk akal. Semakin banyak konsumen yang puas dengan kualitas produk, maka semakin tinggi nilai jual sebuah merek.

Merek yang diciptakan hendaknya simpel, mudah diingat, mudah diucapkan (tak lebih dari tiga suku kata), memiliki makna dan cerita tertentu. Sebagai perbandingan, Anda juga perlu memperhatikan nama apa yang dimiliki produk saingan. Logo yang sesuai juga perlu diciptakan. Sebab logo bisa membuat merek terkesan lebih istimewa. Logo juga bisa menjadi media komunikasi yang mudah diingat, tanpa batasan bahasa. Logo inilah yang akan menjadi identitas sebuah produk.

Merek yang telah diciptakan, tentu harus dijaga dan diperhatikan penggunaannya. Selalu sediakan kartu nama, baik di toko maupun dompet, karena sewaktu - waktu akan dibutuhkan. Perhatikan juga hal kecil yang bisa berdampak besar, seperti kebersihan dan kenyamanan toko. Lakukan promosi gencar, dan selalu menjalin hubungan baik dengan konsumen.

Target Konsumen
Hal lain yang tak kalah penting adalah menentukan target konsumen. Pelaku usaha bakery kecil pun memiliki kesempaan memasarkan produknya ke tingkat menengah atas. Namun, kesan yang dibentuk haruslah sebuah produk dengan merek, penampilan dan kemasan yang mewah. Seringkali mereka bingung menentukan target sasaran, sebab ingin memuaskan klien kelas atas, sekaligus menengah.

Padahal, kedua pasar ini sulit digabungkan. Solusinya, ciptakan dua merek roti yang berbeda untuk kedua target pasar. Ketika ingin mengejar pasar kelas atas, gunakan merek yang berkesan mewah, dan pasanglah harga tinggi, tentunya dengan kualitas roti yang prima. Sebaliknya, jika ingin mengejar konsumen yang menginginkan harga murah, maka harga dan kualitas bisa diturunkan.

Jika Anda berusaha berada di antara keduanya, justru akan menyusahkan. Konsumen kelas atas, umumnya enggan membeli barang murah. Sementara konsumen menengah ke bawah, cenderung tidak melihat merek, asalkan harganya murah. Maka, proses menentukan pasar sangatlah penting. Dari sana akan lebih mudah melakukan promosi.

Promosi Tepat Sasaran
Setiap pelaku usaha bakery menginginkan produk rotinya menjadi pembicaraan dan dipuji banyak orang. Tetapi, bagaimana jika tak seorang pun mengenali produknya ?. Maka, yang harus dilakukan adalah promosi yang tepat sasaran. Caranya, cari orang yang berpengaruh dalam sebuah komunitas, dan ajak dia mencicipi roti yang Anda produksi. Jika dia suka, maka roti tersebut akan mudah dikenal luas. Selain itu, perlu juga menggelar acara khusus untuk memperkenalkan merek roti itu.

Pelaku usaha bakery hendaknya juga mengembangkan pergaulan ke lingkungan yang lebih luas, seperti pejabat pemerintah, politisi serta orang – orang yang bekerja di dunia media seperti surat kabar, televisi, dan radio. Sebab, salah satu cara agar sebuah produk dilirik konsumen adalah, bagaimana caranya roti Anda dikonsumsi oleh mereka, saat pesta atau acara sosial tertentu.

Sebab, apa yang dikonsumsi orang terkenal biasanya segera menjadi perhatian banyak orang. Inilah kesempatan memperkenalkan merek, sekaligus membentuk brand image. Ini bahkan lebih efektif dari sekadar memajang produk di etalase toko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar