DINIKMATI SAJA

Sekilas kata – kata itu tidak memiliki makna berarti bukan ?. Namun jika diresapi dan diucapkan berulang – ulang, khususnya ketika menghadapi situasi menjengkelkan, kata – kata itu bisa menjadi terapi manjur untuk melatih kesabaran. Seorang Romy Rafael sering berkata, jangan pernah sekalipun mengatakan hal negatif pada diri kita, karena secara tidak sadar kita seolah – olah mewujudkan kata – kata itu menjadi kenyataan. Maka, sering – seringlah mengucapkan kata – kata positif, karena hal itu bisa menjadi sugesti kepada alam bawah sadar, untuk tetap bersemangat walau sedang mengalami kesusahan atau kesedihan.

Ketika menghadapi situasi menjengkelkan, apalagi itu perkara sepele, seperti misalnya tiba – tiba mati lampu padahal sedang sibuk di depan komputer, atau jalanan macet padahal sedang terburu – buru. Maka yang harus dilakukan adalah tarik nafas panjang lewat hidung dan hembuskan lewat mulut pelan – pelan. Lakukan beberapa kali. Katakan pada diri sendiri, ‘Sabar…. sabar…., dinikmati saja. Ini perkara sepele, jangan dibuat berat. Berpikir dewasa, coba ambil sisi positifnya’.

Percayalah, jika ini dilakukan berulang – ulang, insya Allah kita telah berhasil meredam hawa setan dalam diri yang membujuk agar marah dan jengkel. Ketika marah, kita berpotensi melakukan hal – hal buruk di luar kesadaran. Dan ketika apa yang kita lakukan itu ternyata merugikan orang lain, maka setan akan bertepuk tangan sambil melarikan diri. Kitalah yang berdosa karena telah menyakiti orang lain. Apalagi, seperti dikatakan Ustadz Danu, kejengkelan dan amarah berpotensi memunculkan penyakit – penyakit pada tubuh, ujung – ujungnya kita yang merugi.

Jadi, nikmati hidup yang memang terkadang menyedihkan, kadang membahagiakan. Seorang Nurtjahyo Adikusumo sering barkata, jangan pernah hilangkan senyuman dari wajah. Karena tersenyum juga merupakan terapi meredam amarah. Amarah hanya membuat kita tidak produktif dan menyisakan penyesalan tak berguna.

“Hikmah bisa diperolah dari siapapun, bahkan dari seorang yang baru dikenal”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar