DO THE RIGHT THINGS AND DO THE THINGS RIGHT

Ada ungkapan bijak berbahasa Inggris yang berbunyi : Do the right things, and do the things right. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kira – kira berarti : Kerjakan hal yang baik – baik, dan lakukanlah hal – hal tersebut dengan baik dan benar.

Lalu apa makna yang tersimpan di balik ungkapan tersebut ?. Ini jawabnya, bahwa sebagai umat yang beragama hendaknya manusia dalam menjalankan hidup di atas dunia jangan sampai tergelincir melakukan hal – hal yang dilarang oleh agama.

Do the right things, kerjakan hal - hal yang benar, yang baik – baik. Sudah menjadi sesuatu yang jelas bahwa hal yang baik – baik pasti ada di dalam ajaran agama. Dan jika selama hidup di dunia kita melakukan hal – hal yang baik, sudah barang tentu kita akan selamat tidak hanya di dunia, tapi juga selamat di akhirat, dengan surga sebagai imbalannya.

Do the things right, lakukan hal yang baik – baik tersebut dengan baik dan benar, maksudnya lakukan dengan rasa ikhlas dan penuh kerelaan. Ada sebuah ajaran yang menyatakan bahwa sebuah amalan baik, tidak cukup untuk mendapatkan ridho dari Allah jika amalan itu tidak disertai dengan keikhlasan.

Jadi, maksud dari ungkapan berbahasa Inggris di atas adalah bahwa sebagai manusia kita diwajibkan untuk mengerjakan segala perintah–Nya dan meninggalkan segala larangan–Nya. Kerjakanlah hal tersebut dengan penuh keikhlasan karena kita pasti akan mendapatkan balasan berupa pahala akhirat.

Setiap kali hendak melakukan sesuatu apapun, baik sesuatu yang kecil ataupun besar, biasakanlah untuk selalu berpikir apakah sesuatu yang akan kita lakukan itu akan memberikan pahala kebaikan bagi diri kita atau tidak. Jika tidak, maka tinggalkan, namun jika iya, maka lakukanlah dengan ikhlas. Karena pada dasarnya, melakukan hal – hal yang baik adalah ibadah, maka beribadahlah dengan ikhlas hanya maengharapkan ridho dari Allah semata.

“Sesungguhnya segala amal itu ditinjau dari niatnya,
dan setiap orang akan diganjar sesuai dengan apa yang ia niatkan”
Sabda Rasulullah SAW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar