MENOPAUSE

(Dimuat di harian Suara Merdeka, 21 Maret 2009).


Di dalam ilmu medis kita sering mendengar istilah menopause, yang artinya adalah akhir dari periode menstruasi perempuan yang merupakan proses natural dalam proses penuaan, dan ini terjadi ketika indung telur berhenti memproduksi hormon yang disebut estrogen. Hal ini menyebabkan turunnya kadar estrogen yang kemudian menyebabkan berakhirnya periode menstruasi bulanan.

Biasanya terjadi antara usia 45 – 60 tahun, tetapi hal ini dapat terjadi lebih awal. Intinya, menopause memiliki makna bahwa pada usia – usia tersebut kaum perempuan sudah tidak mengalami menstruasi lagi dan tidak bisa hamil lagi, secara reproduktif sudah tidak produktif lagi.

Sebenarnya mengapa Allah mengkodratkan menopause bagi perempuan ?. Jika mengacu pada hadits di bawah jelaslah terlihat bahwa kebanyakan penghuni neraka kelak adalah kaum perempuan. Jadi jauh – jauh hari sebelum kiamat terjadi Allah telah menunjukkan kepada Nabi Muhammad bahwa kaum perempuan memiliki potensi besar untuk masuk neraka. Hanya Allah sajalah yang tahu mengapa bisa seperti itu.

Jika ditelaah lebih dalam, Allah menciptakan menopause agar di masa tuanya kaum perempuan muslim memiliki kesempatan untuk memperbaiki kualitas ibadahnya, bukan hanya ibadah sholat namun juga ibadah – ibadah lainnya. Masa menopause adalah kesempatan emas bagi kaum muslimah untuk meningkatkan kualitas keimanannya.

Jika dulu di masa produktifnya seorang perempuan muslim mesti absen dari ibadah sholat, puasa dan juga mengaji, maka ketika memasuki masa menopause mereka tidak memiliki alasan lagi untuk meninggalkan ibadah sholat wajib. Bahkan inilah waktunya untuk menambah pahala dengan ibadah sholat – sholat sunnah rawatib muakkad dan ghairu muakkad, serta sholat – sholat sunnah lainnya.

Jika dulu berpuasa hanya saat bulan Ramadhan saja, maka sekarang ini adalah saatnya menambah lagi dengan puasa – puasa sunnah, seperti puasa Senin – Kamis dan puasa – puasa lain yang disunnahkan untuk dikerjakan pada hari – hari besar Islam tertentu. Ini juga menjadi saat yang sangat baik untuk memperdalam ilmu Islam dengan mempelajari serta menghayati makna dari tafsir Al Quran.

Jadi bisa dibilang bahwa masa menopause adalah masa bagi kaum muslimah untuk membayar hutang ibadah yang ditinggalkan sepanjang hidupnya, yang disebabkan karena menstruasi.

Maka jelas terlihat bahwa Allah itu memang luar biasa baiknya dan sangat sayang kepada manusia, terbukti karena Allah selalu memberikan kesempatan kepada manusia untuk memperbaiki diri dan keimanannya. Allah selalu memberikan petunjuknya bagi manusia yang mau membuka hatinya untuk kebaikan. Menopause merupakan salah satu tanda - tanda kebesaran Allah jika kita termasuk manusia - manusia yang berfikir. Jika sudah demikian, maka nikmat Allah yang mana lagi yang mau kita ingkari ?.

“Aku telah datang ke surga,
maka terlihat olehku kebanyakan mereka adalahpara fakir miskin.
Dan tatkala aku menjenguk ke neraka,
terlihat olehku kebanyakan mereka adalah perempuan”
Hadits Riwayat Imam Bukhari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar