CHEMISTRY

Saya punya seorang teman yang selalu saya jadikan tempat curhat setiap kali saya punya permasalahan yang menyita diri saya. Sebenarnya bukan hanya saya saja, teman – teman yang lain ternyata juga suka curhat kepada teman saya ini. Entah apa sebabnya sehingga banyak teman yang dengan senang hati dan nyaman bercerita kepadanya mengenai apa saja permasalahan yang sedang mereka hadapi.

Apapun itu, menurut saya ada sesuatu zat kimia (chemistry) yang tidak kelihatan yang membuatnya menjadi pribadi yang menyenangkan dan mudah didekati. Namun tentunya banyak juga teman – teman lain yang secara chemistry merasa tidak cocok dengan teman saya itu, sehingga merekapun tidak merasa nyaman untuk curhat kepadanya. Dan dia sendiripun tentunya juga memiliki rasa cocok dan tidak cocok dengan orang – orang tertentu.

Yang pasti teman saya ini bukanlah seorang psikiater, dia bukan lulusan psikologi, dan dia tidak pernah belajar atau membaca buku – buku tentang psikologi. Jadi, rupanya teman saya ini hanya bermodalkan hati dan alami saja setiap kali mendengarkan cerita dari teman – teman yang curhat kepadanya. Dia hanya mencoba memposisikan dirinya menjadi diri saya, atau teman – teman yang curhat padanya.

Dengan memposisikan dirinya menjadi diri saya, dia sebenarnya sedang mencoba memahami permasalahan yang sedang saya ceritakana kepadanya, sehingga dia bisa memberikan masukan – masukan atau pandangan – pandangan yang pas yang memang saya butuhkan. Saya merasakan setiap kali saya bercerita kepadanya dia memang menjadi seorang pendengar yang baik.

Di tengah – tengah cerita saya, dia juga memberikan komentar – komentar atau respon – respon yang pas yang membuat saya menjadi semakin asyik bercerita, dan hal itu membuat saya akan selalu mengandalkan dia sebagai tempat curhat setiap kali saya mengalami permalahan - permasalahan lain. Hati kecil saya sebenarnya juga ingin bisa seperti teman saya itu, menjadi tempat curhat bagi teman – teman. Karena di dalam lubuk hati yang paling dalam pada setiap manusia, selalu menginginkan untuk menolong sesama manusia.

“Setiap perbuatan baik adalah sedekah”
Sabda Rasulullah SAW

1 komentar:

  1. Tiatonic's Tarpet Rentals | TITaniumS | T-Tai
    Tiatonic's Tarpet Rentals. We offer our guests a wide array of westcott titanium scissors T-Tarpet rental houses & home rentals for your family and friends. Rating: titanium fat bike 4.9 where is titanium found · ‎20,955 2017 ford fusion energi titanium votes · ‎Price range: $$ where to buy titanium trim

    BalasHapus